Tugas : Individu
MK : Administrasi Rumah Sakit & Puskesmas
UPAYA
KESEHATAN SEKOLAH
DISUSUN OLEH:
MAWAR
010.061.158
A.K.K
FAKULTAS KESEHATAN
MASYARAKAT
UNIVERSITAS VETERAN
REPUBLIK INDONESIA
MAKASSAR
2012
Skema Pelayanan:
1.
Upaya Kesehatan Sekolah
( UKS )
a. Jenis
Pelayanan
1. Kegiatan peningkatan kesehatan (promotif) berupa penyuluhan kesehatan dan latihan keterampilan dalam rangka pelayanan kesehatan.
2. Kegiatan pencegahan (preventif) berupa kegiatan peningkatan daya tahan tubuh,kegiatan pemutusan rantai penularan penyakit, dan kegiatan penghentian proses penyakit pada tahap dini sebelum timbul kelainan.
3. Kegiatan penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan rehabilitatif) berupa kegiatan mencegah komplikasi dan kecacatan akibat proses penyakit atau untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yang cedera / cacat agar dapat berfungsioptimal
1. Kegiatan peningkatan kesehatan (promotif) berupa penyuluhan kesehatan dan latihan keterampilan dalam rangka pelayanan kesehatan.
2. Kegiatan pencegahan (preventif) berupa kegiatan peningkatan daya tahan tubuh,kegiatan pemutusan rantai penularan penyakit, dan kegiatan penghentian proses penyakit pada tahap dini sebelum timbul kelainan.
3. Kegiatan penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan rehabilitatif) berupa kegiatan mencegah komplikasi dan kecacatan akibat proses penyakit atau untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yang cedera / cacat agar dapat berfungsioptimal
b. Tujuan:
·
Tujuan
Umum
Meningkatkan
kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat, dan derajat kesehatan siswa serta
menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan
perkembangan yang harmonis dan optimal.
·
Tujuan
Khusus
Memupuk
kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan
siswa, yang mencakup :
1. Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.
1. Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.
2. Sehat fisik,
mental maupun sosial.
c. Metode
Pelayanan
·
Memberikan materi
kepada siswa/i tentang perilaku hidup bersih dan sehat seperti:mencuci tangan
sebelum makan, tidak membuang sampah sembarang tempat, dan mencuci tangan
setelah BAB.
·
Pelayanan Kesehatan
Untuk
layanan kesehatan salah satunya adalah pencegahan dini terhadap penyakit.
Cara
pelaksanaannya melalui program pemantauan kesehatan dengan dilakukan
pemeriksaan kesehatan secara rutin.
d. Sasaran
a.
Sasaran
Pelayanan Kesehatan
Sasaran
pelayanan kesehatan adalah peserta didik di Sekolah Dasar sampai dengan sekolah
menengah, termasuk perguruan agama, sekolah kejuruan dan sekolah luar biasa.
b.
Sasaran
Pembinaan
·
Pelaksanaan
kesehatan sekolah.
·
Lingkungan,
khususnya: lingkungan fisik sekolah dan lingkungan rumah tangga.
e. Jadwal
·
Lomba sekolah sehat,
lomba kebersihan antar kelas,
·
Menggambar/melukis,
·
Mengarang,
·
Menyanyi,
·
Kerja bakti
·
Pemeriksaan kesehatan
umum 4 bulan sekali
·
Pemeriksaan kesehatan
gigi 6 bulan sekali
·
Imunisasi
·
Penyuluhan kesehatan
pada siswa, guru, karyawan dan orang tua
·
Pembinaan lingkungan
kehidupan sekolah sekolah sehat
f. Jadwal
Pelayanan
1.
Pembersihan dan pemeliharaan kebersihan ruang kelas, yang meliputi lantai,
dinding,
perabot,
hiasan dinding dan lemari buku;
2.
Pembersihan dan pemeliharaan kebersihan halaman, selokan, tempat penampungan
sampah,
ruang tempat bermain, lapangan olahraga, dan taman bunga;
3.
Pembersihan dan pemeliharaan kebersihan kamar mandi, WC, sumber air bersih
(sumur, dll);
4.
Pembersihan dan pemeliharaan kebersihan taman dan kebun sekolah.
g. Tenaga
Kesehatan
·
guru,
·
pegawai sekolah,dan
·
petugas lainya,dll
h. Out
Put ( Hasil )
Siswa/i sudah mampu menciptakan
atau menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan sebelum
makan, mencuci tangan setelah BAB, pembersihan dan pemeliharaan kebersihan
ruang kelas, Pembersihan dan
pemeliharaan kebersihan halaman, . Pembersihan dan pemeliharaan kebersihan
kamar mandi, WC, sumber air bersih, Pembersihan dan pemeliharaan kebersihan
taman dan kebun sekolah.
i.
Out Come (Dampak )
Anak-
anak yang sedang tumbuh dan berkembang mereka rentan terhadap gangguan kesehatan,
oleh karena itu perlu diiringi dengan memiliki pengetahuan tentang
kesehatan, kebiasaan hidup sehat, segera mendapatkan pelayanan kesehatan jika
mengalami gangguan kesehatan dan terlibat langsung dalam upaya menciptakan
lingkungan sekolah sehat. Sekolah merupakan unsur utama dalam rangka
menciptakan anak-anak dapat tumbuh berkembang dengan memiliki derajat kesehatan
yang tinggi, dengan mengoptimalkan peran Trias UKS yaitu memberikan pengetahuan
kesehatan kepada peserta didik, melakukan pelayanan kesehatan bagi anggota
sekolah dasar yang memerlukan, dan berada pada lingkungan sekolah sehat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar